Rabu, 01 Desember 2010

PROGRAM STRATEGIS BADAN PERTANAHAN NASIONAL R.I


Bagi anda yang ingin mengetahui Program Apa Saja yang ada di Kantor Pertanahan untuk mengurus Sertipikat tanah anda dan atau sekedar ingin mengintip kemajuan BPN Kita...? Paling tidak ada 5 Program Strategis Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia  yang saat ini sedang gencar-gencarnya di jalankan oleh masing masing Kantor Pertanahan yang mungkin bisa menjadi referensi untuk anda, 5 program tersebut yaitu :
  1. LARASITA, adalah singkatan dari Layanan Rakyat untuk Sertipikasi Tanah, Program ini telah dijalankan sekitar Tahun 2007 lalu dengan menjalankan sistem door to door dimana BPN telah merancang sistem ini sedemikian rupa agar Sertipikasi Tanah (pengurusan Sertipikat Tanah) bisa menjangkau hingga kepelosok-pelosok atau daerah- daerah yang terpencil dengan tujuan agar dapat membantu mereka yang memiliki cita-cita ingin mendaftarkan tanah-tanah mereka bisa terbantu tanpa harus mendatangi Kantor-Kantor Pertanahan yang mungkin sulit untuk mereka datangi. Biasanya Setiap Kantor Pertanahan memiliki Unit Mobil atau Motor tersendiri untuk melayani pemohon Sertipikat. Jadi, Kalau anda ingin mendaftarkan tanah, anda tinggal mendatangi Kantor-kantor Kelurahan atau Kecamatan terdekat di wilayah anda... maka unit/team Larasita telah menunggu anda.
  2. PRONA, adalah istilah dari Proyek Operasi Nasional Agraria. Program ini sebetulnya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat sejak tahun 1970-an dulu mungkin, tapi jangan salah kalau saat ini Program itu masih menjadi idola Program Pemerintah dan khususnya Masyarakat, karena dirasa model ini sangat super cepat untuk mendaftarkan tanah masyarakat di seluruh daerah di Indonesia karena Program ini bersifat massal dengan sistem yang amat sederhana dan yang pasti program ini di Gratis kan bagi seluruh peserta tanpa kecuali. Dalam Proyek ini pemohon Sertipikat tidak disebut Pemohon ... akan tetapi Peserta PRONA, karena Program ini telah diprogramkan terlebih dahulu dan di biayai oleh Uang Negara maka ditetapkanlah para Peserta (Pemohon Sertipikat)-nya melalui Verifikasi dan Validasi. Saran saya, anda jangan terlalu menggantungkan harapan untuk menjadi Peserta Prona... karena belum tentu anda mendapat giliran.
  3. UMK, adalah istilah dari Usaha Menengah Kecil atau penggunaan kata lain UKM, program ini merupakan proyek Sertipikasi Tanah Juga, akan tetapi kalo kita baca dari judulnya tentu kita akan ingat tentang Koperasi... betul, bahwa UMK adalah Program Sertipikasi Tanah yang dikhususkan bagi para pengusaha menengah dan kecil yang tergabung dalam keanggotaan Koperasi di wilayah usahanya.. perbedaannya adalah proses yang mudah, cepat dan tentu gratis. Jadi, bagi anda para pengusaha Menengah dan Kecil memiliki kesempatan untuk mendaftarkan anda melalui program ini.
  4. IP4T, adalah kependekan dari Iventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah. tunggu dulu ...program ini bukan Program seperti Larasita dan Prona yang mana bisa  menghasilkan produk Sertipikat Tanah, akan tetapi program ini hanya merupakan pintu masuk untuk kedua program tadi. Akan tetapi masyarakat bisa bersyukur karena melalui Program ini paling tidak Tanah yang kita miliki sudah tercatat dan diakui penggunaannya oleh Kantor Pertanahan walaupun hanya sekedar peta bidang tanah kita yang terselip dalam sebuah peta besar..
  5. SKMPP, adalah kependekan dari Sistem Kendali Mutu Program Pertanahan, program ini bukan merupakan proyek penghasil produk Sertipikat, melainkan sebuah Kendali secara Komputerisasi dan merupakan Network untuk memantau, mengendalikan dan menginventarisasi data hasil dari ke empat program tadi yang bertujuan untuk selalu memunculkan target-target dari semua kegiatan Kantor-Kantor Pertanahan di seluruh Indonesia sehingga siapapun yang berhak dan peduli akan keberhasilan sebuah target bisa mengakses program ini ... dan siapa yang tahu kalau ternyata realisasi angka-angka dari Tampilan SKMPP ini sesekali dilihat oleh Presiden Republik Indonesia.
Mungkin masih banyak program-program lain khususnya di daerah yang tujuannya sama seperti Program di atas namun saya hanya lebih tertarik untuk menulis tentang ini karena program-program tadi merupakan program unggulan untuk mempercepat pembangunan kuhususnya di bidang Pertanahan.

1 komentar:

  1. ok thanks atas infonya http://infoduniain.blogspot.com/

    BalasHapus